Dari hasil RENSTRA yang di lakukan Sekber ORI Sumut di Parapat , di temukan satu kebutuhan untuk segera membantu Pergerakan Buruh Perkebunan Independen (PBPI) Labuhan Batu dalam memperbaiki organisasinya. Disisi lain agenda pembangunan dan penguatan LGS di kabupaten Labuhan Batu juga harus terus berjalan. Kondidi di atas di kuatkan dengan rencana pemekaran kabupatan ini menjadi 3 wilayah yaitu utara, inti dan selatan. Pemekaran ini tentunya harus segera di respon dan dipikirkan strategi yang akan di ambil dalam rangka penguatan dan pengembangan LGS. Sementara untuk penguatan dan perbaikan PBPI sendiri sebenarnya sudah dilakukan beberapa kali diskusi dengan kawan-kawan SPI Labuhan Batu. Walaupun diskusi yang di lakukan ini belum dapat menjawab kebutuhan dari kawan-kawan PBPI.

Kondisi terakhir PBPI

Pergerakan Buruh Perkebunan Independen (PBPI) melakukan pendidikan pengurus serikat tanggal 31 Mei s/d 1 Juni 2008. Dalam pendidikan ini difasilitasi oleh Iwan dari ORI Sumut dan Yamin mewakili DP Pergerakan. Selama proses pendidikan yang dilakukan arahnya pada memberikan pemahaman tentang membangun organisasi buruh perkebunan serta infra struktur yang harus di siapkan. Dimulai dengan melihat kondisi internal organisasi dan menganalisis kelemahanya, apa yang harus dilakukan terhadap kelemahan ini serta melihat kebutuhan PBPI. Dari sini ditemukan kebutuhan dan langkah-langkah perbaikan yang akan dilakukan.

PBPI sendiri berharap dapat segera melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) yang menurut mereka dapat mengatasi permasalahan yang ada akan tetapi bagaimana melakukan KLB dan kebutuhannya juga belum dipersiapan. Rekomendasi yang diberikan dari hasil pendidikan kemudian di diskusikan oleh kawan-kawan PBPI secara internal. Hasil rapat internal ini kemudian akan di informasikan kepada Sekber ORI Sumut sehingga dapat mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan dari kawan-kawan PBPI.

LGS Labuhan Batu

Untuk penguatan organisasi rakyat yang ada di Labuhan Batu maka di rekomendasikan untuk segera membuat Forum Rakyat (Sekber) di sana. Hasil diskusi antara PBPI, Seriukat Perempuan Independen Labuhan Batu (SPI LB), Sekber ORI dan Yamin mewakili Pergerakan menunjuk Ibu Sutini untuk menjadi koordinator. Tugas yang akan dikerjakan oleh Koordinator LGS Labuhan Batu sendiri sudah dirancang bersama selama 3 bulan dengan berkoordinasi dengan Sekjend ORI Sumut. Program 3 bulan yang sudah di tetapkan adalah :

  1. Membantu PBPI untuk mempersiapkan KLB dan infrastruktur organisasi.
  2. Membantu SPI LB dalam mempersiapkan pemekaran di Labuhan Batu Selatan.
  3. Mempersiapkan deklarasi Forum Rakyat (Sekber).

Dalam melakukan ketiga agenda ini koordinator LGS Labuhan Batu akan di fasilitasi dan berkoordinasi kepada Sekber ORI Sumut. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu agenda sektoral dari OR yang ada di LB.

Temuan Lain.

Sebagai agenda tambahan dari pertemuan LGS di Labuhan Batu di sepakati juga untuk membangun satu serikat buruh kebun dan satu Serikat Perempuan di kabupaten Padang Lawas Utara (PALUTA). Proses pembangunan ini akan lebih cepat karena di lihat dari potensi dan kontak yang sudah siap sehingga sangat di mungkinkan terbangunnya kedua serikat ini. Yang harus di siapkan segera adalah pembekalan tentang bagaimana membangun dan mengelola organisasi sehingga pengurusnya memiliki bekal dalam menjalanorganisasi. Koordinator LGS Labuhan Batu akan melakukan pemetaan dan diskusi dengan kontak-kontak dari kedua serikat ini untuk mendapatkan informasi yang akurat di awal minggu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *