Kronologis ditangkapnya nelayan Indramayu di Perairan Kalimantan Barat

Nama Kapal          :  KM. SUMBER SEJATI

Gross ton             :  26 GT

Mesin                  :  Mitsubishi 120

Alat Tangkap        :  Gill Net Milenium

Nahkoda              :  Darya ( 35 tahun )

Jumlah ABK          :  11 Orang

Pada hari senin tgl 5 Mei 2008, KM. SUMBER SEJATI  bertolak dari pelabuhan Karangsong untuk  menagkap ikan dengan tujuan perairan Kalimantan, karena informasi dari kawan – kawan nelayan lain yang telah terlebih dahulu melaut bahwa yang sedang ada hasil ikan yakni  di perairan Kalimantan Barat maka Nahkoda KM. Sumber Sejati menuju ke perairan tersebut.

Perjalanan menuju perairan Kalimantan memakan waktu tiga hari tiga malam dan sempat kerja nabur jaring di perairan jawa, pada hari senin tgl 12 Mei 2008 pukul 9.00 waktu setempat dalam perjalanan di sekitar perairan Pulau Pemeke  01 derajat L U – 107 derajat B B ( 60 Mill Laut dari Pontianak ) di cegat dan diberhentikan oleh Kapal POL AIR “Lumba–Lumba“  Komandan  Operasi Bpk. Ponijan dari kesatuan Pol Air Mabes Pontianak untuk ditanyai kelengkapan dokumen kapal.

Kelengkapan Dokumen KM. Sumber Sejati lengkap hanya ada satu surat kelengkapan “andon“( numpang tangkap ) yang mati. Karena kesalahan tersebut maka KM. Sumber Sejati ditarik ke Pangkalan Pol Air di Pontianak.

Sampai hari ini belum ada kejelasan proses hukum atas pelanggaran peraturan yang menurut kami Serikat Nelayan Tradisional masih premature dan sangat membebani nelayan.

Kami mohon kepada kawan – kawan Pergerakan yang ada di Kalimantan Barat untuk bisa membantu kawan nelayan yang tertangkap tersebut, supaya mendapat keadilan dan tidak dipersulit.

Atas nama Serikat Nelayan Tradisional kami sangat berterimakasih atas bantuan serta kerja samanya.

 

SERIKAT NELAYAN TRADISIONAL 

 

KAJIDIN

Ketua Dewan Presidium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *