Sebagai organisasi massa, AMAN menyadari pentingnya peran Pemuda/i dalam gerakan untuk menjaga “nafas” organisasi yang berkelanjutan. Mereka adalah tulang punggung sekaligus barisan terdepan dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat adat.

Pada tanggal 27 – 28 September 2011 AMAN mengadakan pelatihan “Pengorganisasian Masyarakat untuk Pemuda/i Adat Kader AMAN” di asrama Haji, Embarkasi Balikpapan. Kegiatan ini bertujuan untuk;

Menciptakan kader penggerak di komunitas masyarakat adat anggota AMAN,

Membekali para kader ini agar memiliki kapasitas menggorganisir masyarakat Adat di komunitasnya masing-masing,

Membangun kesadaran dan kepedulian serta meningkatkan kepercayaan diri pemuda/i adat thd persoalan-persoalan yg dihadapi oleh komunitasnya dan mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Kegiatan di region Kalimantan difasilitasi oleh AMAN Kalimantan Timur ini mengawali AMAN dalam mempersiapkan pemuda/i adat Kader AMAN di seluruh Nusantara. Kedepan, akan dilakukan kegiatan serupa di 6 Region lainnya; Sumatera, Sulawesi, Jawa, Maluku, Bali Nusa Tenggara dan Papua.

Selama 2 (dua) hari 10 wakil pemuda/i adat diberikan dilatih oleh fasilitator dan trainer handal yaitu Nus Ukru. Beliau adalah seorang aktivis pendukung gerakan AMAN dan juga salah seorang dewan pakar AMAN. Selain itu, didampingi co-fasilitator dari PB AMAN, Simon Pabaras dari Direktorat Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan AMAN (OKK AMAN).

selengkapnya silahkan lihat di website AMAN;

http://aman.or.id/en/component/content/article/7/391-konsolidasi-pemudai-adat-kader-aman-region-kalimantan.html

 

Salam,

Annas Radin Syarif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *